TUGAS MANDIRI 4 PROGRAM PAKET NIAGA -KAMPUS MILLENIAL ITBI

 NAMA                 : LUSIA SIAGIAN

JURUSAN           : AKUTANSI

KEAS                  : PAGI

MATA KULIAH : PROGRAM PAKET NIAGA


1.Carilah sebuah Jurnal yang mempunyai topik tentang Pengaplikasian Microsoft Excel Dalam

Kehidupan Sehari-hari, lalu review (Latar Belakang, Tujuan, Manfaat, proses Kerja, dan

kesimpulan).

 Jawaban :

BAB I PENDAHULUAN

 A. Latar Belakang Masalah 

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini mempengaruhi kehidupan kita, juga pola perkembangan tingkah laku masyarakat terutama dalam penggunaan teknologi. Dunia pendidikan dan dunia kerja merupakan salah satu yang paling banyak memanfaatkan teknologi dalam hal ini teknologi informasi , karena teknologi informasi menyediakan proses yang cepat, tepat, dan menghasilkan tingkat keakuratan yang lebih. Dalam lingkungan perusahaan dan sekolah, komputer adalah alat bantu yang mutlak diperlukan sebagai pendukung pemrosesan data dan informasi. Penyediaan informasi yang cepat dan akurat, sangat membantu pihak manajemen untuk memimpin suatu perusahaan atau sekolah karena tidak cukup hanya dengan kemampuan dan pikiran saja untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Pengolahan data yang baik akan mempermudah suatu perusahaan atau sekolah dalam pemantapan manajemennya, sebaliknya sistem lama yang masih lambat dan tidak berkualitas tidak akan mampu mendukung kegiatan proses kerja suatu perusahaan atau manajemen sekolah dalam mencapai tujuannya. Pengolahan data yang cepat, tepat, akurat, dan ruang penyimpanan yang besar terhadap data yang baik dapat dinilai dari sistem informasinya. 

Semakin baik sistem informasi yang dipergunakan maka semakin baik pula informasi yang akan dihasilkan. Untuk menyediakan informasi yang baik 2 tersebut harus didukung oleh penggunaan media dan sistem informasi yang baik mudah dioperasikan serta sumber daya manusia yang terlatih. Berbagai tingkatan dan berbagai cara sudah dilakukan untuk menghasilkan teknologi komputer yang semakin canggih, baik dari segi perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) sehingga dalam beberapa tahun saja perangkat komputer yang sebelumnya telah menjadi kadaluwarsa. Pembuatan program apilikasi sekarang menjadi lebih mudah dan cepat, dan akan memperluas pemanfaatan komputer dalam perusahaan maupun konsumen untuk mendapatkan informasi yang cepat, akurat dan tepat waktu. Sebuah lembaga pendidikan yang melakukan proses belajar mengajar, dan melakukan evaluasi terhadap nilai hasil belajar siswa pada setiap akhir semester. Evaluasi ini akan rentan apabila proses kerja yang dilakukan masih menggunakan sistem yang lama. Sistem masih menggunakan cara sederhana yaitu tulis tangan dan pengolahan data yang menggunakan sistem komputer yang mengandalkan Microsoft Excel. Penulis menemukan beberapa kelemahan pada pengolahan data evaluasi nilai belajar siswa di SMA Negeri 1 Baktiraja  dengan sistem sederhana yaitu: 

1. Proses kerja sederhana atau menggunakan kertas membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit. 

2. Semua pengolahan data guru, siswa, dan evaluasi masih dilakukan dengan memanfaatan aplikasi Microsoft Excel, sehingga sering terjadi keterlambatan dalam pembuatan laporan dan informasi yang dibutuhkan Sekolah. 

3. Pada data yang masuk ke Microsoft Excel banyak terjadi redudansi data. 

4. Sulitnya mencari kesalahan pada data yang dimasukan ke Microsoft Excel. 

5. Proses kerja dengan metode manual masih rentan terhadap kesalahan. 

6. Data yang telah ada rawan terjadi pencurian atau manipulasi oleh pihak yang tidak berkepentingan karena mempunyai sistem keamanan yang rendah. 

Penggunaan cara terkomputerisasi yang baru dalam hal pengolahan data evaluasi nilai belajar siswa ini, diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik kepada sekolah. Proses input dan pembuatan laporan-laporan serta informasi lainnya yang diinginkan menjadi lebih mudah. Berdasarkan permasalahan yang didapatkan tersebut maka, diperlukan suatu pengembangan sistem yang baru. Untuk itu penulis tertarik dengan mengangkat judul yaitu ”Sistem Informasi Evaluasi Nilai Belajar Siswa Menggunakan Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access di SMA Negeri 1 Baktiraja ”. 

B. Identifikasi Masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat diidentifikasikan beberapa masalah yang ada antara lain : 

1. Masih digunakannya cara manual atau menggunakan kertas dalam pengolahan evaluasi nilai hasil belajar siswa, sehingga membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit. 

2. Kehilangan data berulang kali terjadi. 

3. Data - data yang telah ada rawan terjadi pencurian atau manipulasi oleh pihak yang tidak berkepentingan karena mempunyai sistem keamanan yang rendah. 

4. Pengolahan data yang hanya memanfaatan Microsoft Excel, sehingga sering terjadi keterlambatan dalam pembuatan laporan dan banyak terjadi redudansi data yang mengakibatkan data berkulangkali hilang. 

5. Sulitnya mencari kesalahan pada data yang dimasukan ke Microsoft Excel. 

6. Proses kerja dengan metode sederhana menggunakan kertas masih rentan terhadap kesalahan. 

C. Batasan Masalah Berdasarkan identifikasi masalah yang terjadi di atas, maka pembatasan masalahnya adalah : 

1. Penggunaan Visual Basic 6.0 untuk sistem informasi evaluasi nilai belajar siswa sebagai penganti sistem manual menggunakan kertas. 

2. Penggunaan Data Base Microsoft Access pada sistem informasi evaluasi nilai belajar siswa mampu menampung data lebih aman dan efisien. 

3. Menghubungkan Data Base Microsoft Access dengan program Visual Basic 6.0 pada sistem informasi evaluasi nilai belajar siswa. 

D. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi masalah dan batasan masalah maka dibuat rumusan masalah sebagai berikut : 

1. Bagaimana mengembangkan sistem informasi evaluasi nilai belajar siswa menggunakan Visual Basic 6.0 ? 

2. Bagaimana unjuk kerja sistem informasi evaluasi nilai belajar siswa menggunakan Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access di SMA Negeri 1 Baktiraja 

3. Bagaimana tingkat kelayakan sistem informasi evaluasi nilai belajar siswa menggunakan Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access di SMA Negeri 1 Baktiraja 

E. Tujuan Penelitian Tujuan yang ingin dicapai dalam sistem informasi evaluasi nilai belajar siswa menggunakan Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access di SMA Negeri 1 Baktiraja   adalah sebagai berikut : 

1. Mengembangkan program Visual Basic 6.0 untuk sistem informasi evaluasi nilai belajar siswa di SMA Negeri 1 Baktiraja  

2. Mengetahui unjuk kerja sistem informasi evaluasi nilai belajar siswa menggunakan Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access di SMA Negeri 1 Baktiraja .  

3. Mengetahui tingkat kelayakan sistem informasi evaluasi nilai belajar siswa menggunakan Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access di SMA Negeri 1Baktiraja 

F. Manfaat Penelitian Sistem informasi evaluasi nilai belajar siswa menggunakan Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access di SMA Negeri 1 Baktiraja mempunyai manfaat teoritis dan manfaat praktis, diantaranya yaitu: 

1. Manfaat Teoritis  

a. Sebagai acuan mengenai sistem informasi evaluasi nilai belajar siswa menggunakan Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access di SMA Negeri 1 Baktiraja.

b. Untuk penelitian berikutnya bagi yang ingin meneliti. 

c. Sebagi kajian bagi usaha-usaha penelitian lanjutan. 

2. Manfaat Praktis 

a. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang sistem informasi evaluasi nilai belajar siswa menggunakan Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access di SMA Negeri 1 Baktiraja. 

b. Menghasilkan laporan penelitian yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan acuan bagi mahasiswa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UJIAN TENGAH SEMESTER 1 PROGRAM PAKET NIAGA 1 - KAMPUS MILLENIAL ITBI

TUGAS MANDIRI 2 PROGRAM PAKET NIAGA 1 - KAMPUS MILLENIAL ITBI